PENDAHULUAN
Corporate Social
Responsibility[1]
(CSR) atau lebih dikenal dengan tanggungjawab sosial perusahaan adalah suatu
konsep bahwa organisasi khususnya perusahaan memiliki suatu tanggung jawab
terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam
segala aspek operasional perusahaan.
CSR berhubungan erat
dengan pembangunan berkelanjutan, di mana suatu perumahaan dalam melaksanakan
kegiatan usahanya tidak berdasarkan keuntungan bisnis semata, melainkan juga
harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun
untuk jangka panjang.
Contoh bentuk tanggungjawab
itu bermacam-macam, mulai dari melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan
kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan, pemberian beasiswa untuk
anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan
untuk desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk
masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan
tersebut berada. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan fenomena
strategi perusahaan yang mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan
stakeholder-nya. CSR timbul sejak era dimana kesadaran akan sustainability
perusahaan jangka panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability.
RUMUSAN MASALAH
Mengingat Aqua adalah perusahaan
yang telah melayani masyarakat hampir 40 tahun, Aqua juga menggunakan sumber
daya alam yakni sumber air bersih, oleh karena itu untuk menjaga kesinambungan
serta keseimbangan penggunaan sumber daya agar tetap terjaga dan manfaatnya
bagi masyarakat luas dan menciptakan pertumuhan sumber daya yang berkelanjutan.
Oleh karena itu dirasa penting Aqua melakukan kegiatan CSR, dalam rangka
sebagai wujud komitmen dan tanggung jawab sosial perusahaan dengan menerapkan
kegiatan berbasis masyarakat dalam menjalankan programnya antara lain :
1.
Program Air Bersih Di
NTT
Salah satu program
Aqua[2] adalah WASH (Water Access,
Sanitation, Hygiene Program) tujuanya untuk memberikan solusi dalam penyediaan
air bersih di Indonesia. Didalam program WASH ini adalah program ‘Satu Untuk
Sepuluh’, program ini juga mendukung program Millenium Development yang dicanangkan
oleh PBB tujuannya untuk memerangi kemiskinan dan kelaparan diberbagai belahan
dunia yang ditarget pada tahun 2015.
Program yang akan
dibahas kali ini khusus pada CSR Aqua yang telah terlaksana yaitu program “1L
Aqua untuk 10L Air Bersih”, menurut Binahidra Logiardi, manajer PT Tirta Investama
yang membawahi perusahaan Aqua, slogan ini adalah ungkapan simbiolis untuk
memudahkan pemirsa mencerna pesan yang ingin Aqua sampaikan, dimana
setiap 1 liter yang terjual telah membantu 10 liter air bersih untuk 4
kecamatan.
Program ini didasarkan
pada fakta yang menjelaskan bahwa ait adalah kebutuhan mendasar bagi manusia,
namun permasalahanya tidak semua orang dapat mengakses air bersih, karena
faktor demografis yang membutuhkan infrastruktur memadai untuk itu. padahal
kesehatan lingkungan dan diri adalah sesuatu yang mahal dan harus dijaga oleh
pribadi individu.
Program ini
dilaksanakan di Timor Tengah Selatan karena berdasarkan survey terbaru yang
dilakukan ACF (Action Contre la Faim). NTT dianggap sebagai wilayah yang tepat,
karena sedang mengalami program kelangkaan air bersih dibagian belahan timur
Indonesia (program satu untuk sepuluh, 2007). Masyarakat NTT juga masih
kesulitan dalam mengakses air bersih, mereka harus berjalan kaki dengan jarak yang
lumayan jauh, medanya pun terjal, berbatu bahkan harus melewati sungai.
Dibutuhkan waktu sekitar satu jam untuk membawa pulang dan pergi air dalam
jerigen tiap harinya. Kelangkaan air ini sangat berpengaruh pada banyak aspek,
mulai dari anak anak yang mau tida mau harus membantu orang tua mereka untuk
mendapatkan air, sehingga waktu bermain dan belajar merekapun sering terabaikan
oleh hal ini, ancaman ragam penyakit juga menghantui mereka mulai dari demam
berdarah, diare hingga malaria adalah penyakit yang sudah biasa mereka derita.
Berangkat dari
permasalahan diatas, Aqua berkomitmen untuk memperbaiki kesejahteraan anak
Indonesia. Untuk setiap liter produk Aqua berlabel khusus yakni Aqua 600 mm dan
1.500 mm dijual maka konsumen telah membantu program Aqua denga menyumbangkan
10 liter air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan. Selain itu Aqua akan
memperpendek jarak sumber air ke pemukiman penduduk dengan cara menempatkan
pipa pipa ke tempat yang lebih mudah dijangkau. Sehingga jarak tempuh satu jam kini
bisa diubah dengan jarak 200 meter saja, karena air bersih akan disalurkan
melalui pipa pipa tersebut. Aqua telah memberikan akses tersebut kepada 12.000
penerima bantuan dibeberapa desa kecamatan Boking dan Amanatun Utara NTT. Dalam
program ini sumber mata air pegunungan yang terdapat didesa ditutp dengan
menggunakan bangunan dari semen kemudian air tersebut dialirkan ke dusun
melalui 11 titik keran air, penyaluran tersebut menggunakan dua prinsip
teknologi yakni berdasarkan gravitasi dan pompa hidran. Panjang total pipa yang
dibangun adalah 6 km,
Tujuan program ini dikatakn berhasil karena targetnya telah
terpenuhi :
1.
Perbaikan infrastruktur air bersihdan jumlah ketersediaan air
bersih, telah dipangkasnya jarak tempuh yang jauh menjadi lebih dekat sehingga
mempermudah kebutuhan hidup mereka.
2.
Terciptanya kesadaran hidup sehat malalui penyuluhan kesehatan.
3.
Kerjasama dengan stakeholder lokal untuk mendukung keberlanjutan
program
2.
Program Pembangunan Desa Sosio - Eko - Bisnis
Berkaitan dengan program pemerintah Go Organic
2010, Danone Aqua memfasilitasi pengembangan masyarakat menuju desa sosio eko
bisnis di Desa Karanglo, Kecamatan Polonharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
Corporate Sosial Responsibilty dari Danone Aqua ini ini dihadiri Menteri Pertanian
Suswono sekaligus memberikan pengarahan kepada petani di Laboratorium Pertanian
Desa di Desa Karanglo, Klaten pada Rabu, 17 Februari 2010. Kegiatan yang
melibatkan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tani Mulyo Desa Karanglo merupakan
pendekatan sosial dan lingkungan komunitas yang inovatif serta multipihak
dengan tujuan pelestarian lingkungan, terutama sumber daya air dan pemberdayaan
masyarakat..
Perusahaan membantu melakukan reboisasi taman
nasional, penanaman bibit pohon, menyediakan akses air bersih, pemetaan
penggunaan lahan dan air irigasi sampai dengan melakukan pelatihan manajemen
pertanian dengan tujuan untuk memajukan serta memberikan manfaat..
3. Program Pelestarian
Lingkungan, Pemberdayaan Masyarakat, Pendidikan, dan Peningkatan Ekonomi
Berbagai program CSR sudah dijalankan secara
berkesinambungan di Pandaan, Kebon candi, Pasuruan, dengan melibatkan berbagai
pihak. Di bidang penanaman, lebih dari 30.000 pohon pada 2008-2009, pihaknya
sudah menjalin bekerja sama dengan Perum Perhutani, Yayasan Kaliandra, Lembaga
Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Dayurejo dalam mengelola hutan asuh di lereng
Gunung Arjuno. Program itu dilanjutkan pada 2010 dengan menanam 50.000 pohon.
"Melalui kegiatan ini telah terbentuk 3 kelompok pengasuh hutan, 2 kawasan
hutan asuh seluas 72 hektare, dan partisipasi nyata masyarakat melalui LMDH
terealisasi secara nyata.
Guna menunjang hutan asuh juga diadakan
kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa hutan, beberapa aktivitas sudah
dijalankan di Dusun Gamoh, Dusun Guthean, dan Desa Dayurejo. Berbagai kegiatan
positif itu antara lain pemberian bantuan 4 ternak sapi untuk para pengasuh
hutan, pengembangan budidaya sirih sebanyak 5.000 bibit, pelatihan pembuatan
minyak atsiri, dan penyediaan 1 alat destilasi, serta pembuatan arang dari
limbah kayu. Aktivitas itu dilakukan melalui pola kemitraan multipihak.
Kegiatan ini bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat secara bertahap.
Selain itu, untuk mencegah penebangan pohon untuk arang. Setelah kegiatan itu
diterapkan, hasilnya sangat menggembirakan, yakni warga pembuat arang dari kayu
semakin lama makin berkurang.
Konservasi juga dilakukan Danone Aqua di
kawasan hutan lindung Bromo Tengger bekerja sama dengan LSM Satu Daun, LMDH,
dan Perhutani setempat. Program sudah diwujudkan dengan menanam 6.600 pohon di
Kecamatan Tosari dan 12.000 pohon ditanam di Kecamatan Puspo. Hasilnya,
penghijauan seluas 20 hektare lahan kritis. "Pohon-pohon yang sudah
ditanam selanjutnya dirawat oleh masyarakat di sekitar hutan lindung.
2.1
Analisis Kegiatan CSR
Aqua
Dari kegiatan CSR
yang telah dilakukan oleh Aqua tersebut, dapat dikatakan bahwa Aqua cukup
sukses dalam menjalankan program CSR-nya. Terbukti dari beberapa penghargaan
yang telah diraih Aqua melalui program CSR yang telah dilaksanakan, yaitu:
-
Aqua
mendapat penghargaan Gold pada KSN (Kesetiakawanan Sosial Nasional) Awards 2010
yang diselenggarakan oleh Kementrian Sosial dan CFCD (Corporate For Community
Development Program)
-
Program
penanaman kembali hutan Gunung Klabat, Minahasa Utara dimana DANONE AQUA
Sulawesi Utara mendapatkan penghargaan Wana Lestari dari Departemen Kehutanan
Republik Indonesia
-
DANONE
AQUA berhasil meraih penghargaan MDGs (Millenium Development Goals) dari
Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Metro TV dalam kategori pelestarian lingkungan
(environmental sustainability) atas program WASH (water access, sanitation and
hygiene).
2.2
Kuisioner
Pertanyaan pada
Bagian I I menyediakan jawaban dengan kode 1, 2, 3, 4 dan 5. Setiap responden
hanya diberi kesempatan memilih 1 (satu) jawaban. Adapun makna angka adalah :
Sangat setuju = 5
Setuju = 4
Ragu-ragu = 3
Tidak Setuju = 2
Sangat Tidak Setuju = 1
1. Aqua adalah merek air minum yang baik untuk kesehatan
saya :
a) SS
b) S
c) KS
d) TS
e) STS
2. Saya yakin dengan merek air minum Aqua :
a) SS
b) S
c) KS
d) TS
e) STS
3. Aqua adalah merek air minum yang tidak pernah
mengecewakan saya :
a) SS
b) S
c) KS
d) TS
e) STS
4. Aqua adalah merek air minum yang dapat menjamin
kepuasan :
a) SS
b) S
c) KS
d) TS
e) STS
5. Aqua akan memberikan kompensasi ketika saya menemukan
masalah dengan produk
a) SS
b) S
c) KS
d) TS
e) STS
KESIMPULAN
Aqua Memberikan
Kesinambungan Antara Bisnis dan Lingkungan Hidup. Melalui program Aqua Lestari yang
merupakan suatu pendekatan sosial lingkungan yang inovatif dan multipihak untuk
memberikan kontribusi kepada kesinambungan bisnis dan lingkungan hidup. Lebih
lanjut Yann Brault menjelaskan fokus program CSR Danone Aqua yang berada dalam
naungan Aqua Lestari meliputi Akses air bersih dan penyehatan lingkungan,
Konservasi dan pendidikan lingkungan. Sanitation and Hygie-ne/WASH) dilakukan
untuk memfasilitasi masyarakat agar dapat memperoleh akses air bersih dan
fasilitas sanitasi yang lebih memadai dengan prilaku hidup bersih dan sehat
IPHBS). Hingga saat ini program WASH telah berhasil memberi akses air bersih
kepada lebih dari 30.000 orang di seluruh Indonesia dan diharapkan pada tahun
2011 akan memberikan manfaat kepada 70.000 masyarakat di Indonesia. Program
konservasi hutan dan das Program CSR Danone Aqua yang banyak melibatkan
partisipasi masyarakat dan pemangku kepentingan terkait adalah program
konservasi hutan dan daerah aliran sungai (DAS). Lebih lanjut Yann Brault
menjelaskan Aqua juga merintis kerja sama dengan sekolah dan pemerintah desa
setempat berupa pembibitan berbagai jenis pohon, baik pohon keras maupun pohon
buah di sekolah yang kemudian disebut "hutan sekolah"
0 komentar:
Posting Komentar